Biografi Tokoh Pendiri dan Penemu Yahoo

In Kisah Penemu
Penemu Yahoo

Pendiri dan Penemu Yahoo – Seperti juga Google, Anda juga pasti sudah sering mendengar nama “Yahoo”. Yahoo juga adalah sebuah mesin pencari di internet seperti Google dan Bing. Yahoo sempat merajai mesin pencari pada awal dekade 2000-an sebelum munculnya Google.

Banyak layanan Yahoo yang digunakan oleh pengguna internet diseluruh dunia, namun tidak semua orang tahu siapa Penemu Yahoo dan bagaimana sejarah penemuannya.

Sejarah Penemuan Yahoo

Penemu Yahoo dan Google ternyata dari universitas yang sama. Seperti Google, Yahoo juga didirikan oleh dua orang dari Stanford University. Mereka adalah Jerry Yang dan David Filo, dua orang mahasiswa yang punya hobi surfing di internet.

Baca Juga : Biografi Penemu Google

Seperti dikutip dari Wikipedia, awalnya mereka tidak bertujuan untuk memuat sebuah mesin pencari, namun hanya semacam bookmark terhadap link-link situs yang mereka buat dan dikompilasikan berdasarkan kategori dan sub kategori tertentu. Kemudian mereka punya ide untuk memasukkannya ke web dengan membuat sebuah program database sehingga dapat diakses secara online. Dari sinilah konsep awal berdirinya Yahoo.

Pada awalnya, bookmark tersebut mereka namakan  “Jerry and David’s Guide to World Wide Web”. Namun, pada April 1994, mereka mengganti nama tersebut dengan Yahoo!. Ternyata, Yahoo! adalah singkatan dari kata  “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

Domain Yahoo.com didaftarkan oleh Jerry Yang dan David Filo pada 18 Januari 1995. Lebih kurang satu setengah bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 1 Maret 1995, mereka mendaftarkan Yahoo sebagai sebuah badan hukum resmi.

Biografi Penemu Yahoo

Yahoo takkan pernah ada tanpa andil dari dua orang jenius penemunya ini, berikut sedikit biografi dua pendiri dan penemu Yahoo.

Jerry Yang

penemu yahoo pertama kali
Jerry Yang-Salah Satu Penemu Yahoo

Jerry Yang terlahir dengan nama asli Yang Chih Yuan, ia lahir di Taipei, Taiwan, pada tanggal 6 November 1968. Ia bersama dengan ibu dan adiknya menjadi imigran dari Taiwan ke Amerika Serikat. Ketia itu ia berumur 10 tahun pada saat menginjakkan kakinya di San Jose, California. Jerry Yang sudah yatim ketika ia berusia dua tahun karena ayahnya meninggal.

Walau ibunya seorang guru bahasa Inggris, namun Yang kecil cuma bisa menyebut satu kata dalam bahasa Inggris, yaitu : shoe (sepatu). Namun, dalam tempo tiga tahun, ia telah mampu menguasai bahasa Inggris secara fasih.

Jerry Yang menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama Sierramont, kemudian lanjut di Pietmont Hills. Jerry Yang kuliah dan mendapatkan gelar sarjana muda serta master dalam waktu 4 tahun yang dimulai tahun 1990. Pada akhir tahun 1993, Jerry melanjutkan pendidikan program Ph.D. di Electrical Engineering Stanford University.

Ketika di Standford University inilah Yang bertemu dengan David Filo, kolaborasi keduanya berhasil menemukan mesin pencari bernama Yahoo.

Menurut Forbes, kekayaan Jerry Yang pada tahun 2007 diperkirakan mencapai 2,2 Milyar Dolar dan menduduki peringakat ke 432 orang terkaya didunia majalah tersebut.

Jerry Yang keluar dari Yahoo pada tahun 2012, Yang memiliki 3,69 persen saham Yahoo.

David Filo

Biodata Penemu Yahoo
David Filo, Pendiri Yahoo Bersama Jerry Yang

Terlahir pada 20 April 1966 di Wisconsin, Amerika Serikat. Namun, Filo yang masih berusia 6 tahun pindah ke Moss Bluff, Lousiana, bersama keluarganya. Penemu Yahoo ini menempuh pendidikan antara lain di Sam Houston High School. Kemudian di Tulane University  ia meraih gelar sarjana di bidang Computer Engineering.

David Filo melanjutkan studinya di Standford University dan meraih gelar M.S. Pada saat kuliah di sini lah, Filo bertemu Jerry Yang. Bersama rekan kuliahnya ini mereka berhasil membuat sebuah karya besar dengan mendirikan Yahoo yang pernah menjadi raja mesin pencari.

Berdasarkan data di bulan April-Mei 2011, David Filo memilik saham Yahoo sebesar 6 persen. Kekayaannya diperkirakan mencapai 1,4 Milyar Dolar dan berada diperingkat ke-879 orang terkaya didunia.

Perkembangan Yahoo

Yahoo sangat populer diawal pada tahun 2000-an, mereka adalah raja mesin pencari. Yahoo dan beberapa situs dibawah kendalinya menguasai trafik internet. Nilai pasar Yahoo pada saat itu diperkirakan  mencapai 125 Miliar dollar Amerika (Rp 1.643 triliun).

Baca Juga : Penemu Komputer

Berjaya diawal dekade 2000-an namun perlahan-lahan mulai tersingkir dengan hadirnya Google, Facebook, Bing, dll.

Usaha untuk bangkit dari keterpurukan tidak membuahkan hasil, Yahoo pernah bekerja sama dengan Google untuk mendongkrak popularitas mesin pencarinya, namun ini tidak bertahan lama. Kemudian, Yahoo juga pernah merekrut mantan pejabat tinggi Google, Marissa Mayer, sebagai CEO Yahoo. Namun usaha tersebut tidak berhasil meningkatkan kinerja Yahoo. Bahkan beberapa kali Yahoo di isukan akan dijual ke pihak lain.

Apapun yang terjadi pada saat ini terhadap Yahoo, tidak dapat dipungkiri jika Yahoo tetaplah sebuah perusahaan internet yang banyak memberi layanan kepada pengguna di seluruh dunia.

Berikut beberapa produk atau layanan Yahoo yang pernah populer antara lain :

  • Yahoo Search, layanan mesin pencari seperti layaknya Google search.
  • Yahoo Mail, layanan email.
  • Yahoo Mesengger, layanan chatting layaknya BBM atau WhatsApp.
  • Yahoo Weather, Layanan informasi cuaca
  • Dll.

Sekian dulu sedikit pembahasan tentang Biografi Pendiri dan Penemu Yahoo, semoga dapat bermanfaat kepada pembaca semua.

Salam Sukses. [ ]

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest