Biografi Penemu Listrik – Michael Faraday Yang Fenomenal

In Kisah Penemu
penemu listrik

Penemu Listrik – Coba Anda bayangkan satu jam saja tanpa listrik, apa jadinya dunia ini? Agak berlebihan ya? Menurut saya tidak juga. Kehidupan kita sangat tergantung pada listrik. Energi listrik telah menjadi kebutuhan primer bagi manusia.

Lalu, siapakah penemu listrik yang begitu revolusioner tersebut ?

Michael Faraday adalah Penemu Listrik pertama kali dan atas penemuannya tersebut, ia dijuluki sebagai “Bapak Listrik”. Dampak penemuan Michael Faraday dalam kehidupan manusia sangat lah besar. Banyak pekerjaan manusia yang dimudahkan dengan adanya penemuan listrik.

Baca Juga : Tokoh Pencipta Email

Bagaimana kisah hidup Michael Faraday dan sejarahnya menemukan listrik? Azkanesia akan mengulasnya sebagai berikut :

Biografi Penemu Listrik : Michael Faraday

penemu listrik statis
Michael Faraday-Penemu Listrik (Foto : eeweb.ir)

Michael Faraday adalah seorang ilmuan asal Inggris. Ia dilahirkan di Newington, Inggris pada tanggal 22 September 1791.

Faraday terlahir bukan dari keluarga ilmuan atau keluarga hartawan, hal ini yang menyebabkannya telah bekerja meski masih berumur 14 tahun. Ia menjadi pekerja magang untuk menjilid dan menjual buku.

Setiap hari berurusan dengan buku membuat ia banyak membaca buku dan belajar secara otodidak. Ia jadi mengetahui banyak hal.

Pada usia 20 tahun, Faraday rajin menghadiri ceramah ilmiah yang disampaikan ilmuan terkenal Inggris pada saat itu, Sir Humpry Davy di Royal Institution of Great Britain. Hal ini membuatnya semakin mengagumi ilmuan tersebut.

Akhirnya, Faraday mengirim surat kepada Davy untuk bekerja dengannya. Akhirnya ia diterima sebagai asisten Laboratorium Davy dan bekerja di Royal Institution of Great Britain pada tahun 1813.

Mendapat bimbingan dari mentor sehebat Davy membuat kemampuan Faraday semakin terasah. Disamping itu, ia juga mendapat banyak pelajaran dari ilmuan terkenal lain seperti Andre-Marie Ampere dan Alessandro Volta yang pernah ditemuinya ketika ia diajak keliling Eropa oleh Davy.

Merasa bahwa Faraday adalah seorang yang mempunyai potensi Royal Institution memperpanjang kontrak Faraday. Ia menerbitkan makalahnya berjudul Quarterly Journal of Science yang membahas tentang analisis kalsium hidroksida.

Baca Juga  : Biografi Penemu Mikroskop

Michael Faraday dilantik jadi Inspektur Laboratorium Royal Institution pada tahun 1821 saat umurnya menginjak 29 tahun. Ia tinggal di Royal Institution setelah mempersunting Sarah Barnard di 12 Juni 1821.  Karirnya berlanjut dengan terpilih sebagai anggota Royal Society dan Direktur Laboratorium Royal Institution masing-masing pada tahun 1824 dan 1825.

Faraday mendapat jabatan yang dipegang seumur hidupnya sebagai Fullerian Profesor Kimia dari Royal Institution of Great Britain. Ia juga sempat menolak tawaran untuk menjadi Presidensi Royal Society yang ditawarkan kepadanya pada tahun 1848 dan 1858.

Michael Faraday tidak mempunyai keturunan sampai ia meninggal dunia pada 25 Agustus 1867. Jenazahnya disemayamkan dekat kuburan istrinya di Highgate Cemetry.

Sejarah penemuan listrik

Terinspirasi dari penemuan Hans Christian Oersted tentang jarum magnet kompas yang dapat bergerak jika berdekatan dengan kawat yang beraliran listrik, ia berkesimpulan jika magnet diketatkan, justru yang bergerak adalah kawatnya. Atas dasar itu, Faraday berhasil menemukan bahwa kawat yang dialiri listrik akan terus berputar ketika berdekatan dengan magnet. Penemuannya pada tahun 1821 ini menjadi cikal bakal motor listrik dewasa ini.

Baca Juga : Biografi Penemu Keyboard dan Mesin Ketik

Penemuannya diatas menjadi cambuk baginya untuk mencari cara lain menghasilkan arus listrik. Pada saat itu  memang arus listrik dihasilkan dari sebuah baterai. Faraday mencari cara agar magnet dapat menggerakkan listrik, berbagai percobaan dilakukannya.

Akhirnya pada tahun 1831, ia berhasil menemukan bahwa apabila magnet dilalui sepotong kawat, maka akan mengalirlah arus dikawat sedangkan magnet akan bergerak.  Faraday mendapati bahwa medan magnet bervariasi akan memicu mengalirnya listrik dalam rangkaian listrik. Kondisi ini dinamakan “Induksi Elekro Magnetik“. Hasil temuannya ini dinamakan “Hukum Faraday“.

Hukum  Faraday telah membukti bahwa sebuah gerakan dapat berubah menjadi listrik. Dalam istilah ilmu fisika dapat disebut seperti energi kinetik (gerakan) menjadi energi listrik.
Dewasa ini, semua pembangkit listrik dibangun berdasarkan cara kerja hasil penemuan Michael Faraday. Hasil temuannya yang fenomenal tersebut membuatnya layak digelari “Bapak Listrik“.

Penemuan Michael Faraday

Sebagai seorang ilmuan jenius, Michael Faraday tercatat sebagai penemu beberapa hal dalam ilmu pengetahuan. Berikut diantara hasil temuannya :

  • Elektromagnetik Rotasi, tahun 1821.
  • Gas Pencarian dan Pendinginan, tahun 1823.
  • Benzene, tahun 1825.
  • Induksi Elektromagnetik, tahun 1831.
  • Hukum Faraday Elektrolisis, pada tahun 1834.
  • Dll

Demikian pembahasan kita tentang Biografi Penemu Listrik , Michael Faraday yang hasil temuannya membawa manfaat kepada umat manusia.

Salam Sukses. [ ]

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest

X