Cara membuat artikel blog yang SEO Friendly

In SEO, Tutorial Blog
Cara membuat artikel blog yang SEO friendly

Sangat penting membuat artikel blog dengan teknik yang benar menurut SEO. Jika tidak menggunakan teknik SEO yang benar, maka artikel blog sobat tidak muncul di halaman awal hasil pencarian search engine. Cara membuat artikel blog yang SEO friendly sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar artikel blog menjadi SEO friendly. Jadi bagaimana cara membuat artikel blog yang SEO friendly ?

Sabar dulu!…ada baiknya saya terangkan sedikit pengertian SEO friendly. SEO friendly menurut saya dapat diartikan sebagai  :

“Mudah dan bersahabat untuk diindeks dan ditemukan oleh mesin pencari serta pengunjung“.

Bersahabat disini mencakup artikel blog sobat, menu navigasi dan widgetnya yang mudah untuk di indeks oleh search engine dan memudahkan juga pembaca blog. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat postingan di blog agar mudah untuk dindeks dan bagaimana caranya untuk tampil di page one di hasil pencarian Google.

Cara membuat artikel di blog jelas beda dengan cara menulis artikel dikoran atau majalah. Langkah membuat artikel di blog selain harus berkualitas dan berbobot, juga mempertimbangkan faktor SEO.

Baca juga : Cara Membuat Blog

Oke, langsung aja kita kembali ke laptop. Berikut beberapa cara membuat artikel blog yang SEO friendly :

1. Sertakan kata kunci atau keyword dalam artikel

Buat apa membuat artikel panjang lebar jika blog sobat tidak ada yang membacanya. Ini salah satu masalah yang dihadapi oleh blogger pemula. Artikel blog tersebut tidak terjangkau oleh pencari informasi di mesin pencari. Ini dikarenakan tidak muncul dihalaman pertama Google Search. Pengunjung hanya mau mengklik hasil pencarian dihalaman pertama saja. Jarang ada yang mau ke halaman selanjutnya.

Cara membuat artikel blog

Untuk bisa tampil di halaman pertama, sobat mesti menempatkan kata kunci atau keywords dalam artikel blog sobat. Kata kunci ini berfungsi agar mesin pencari mudah menemukan artikel blog sobat dan menempatkannya diposisi yang relevan dalam hasil pencarian.

Penempatan sebuah keywords yang baik dalam  sebuah artikel blog adalah :

#1. Buatlah judul tulisan yang mengandung keyword yang ditargetkan dengan ditambahi kata-kata yang membuat pengunjung penasaran dan memancing pengunjung untuk mengklik link artikel blog sobat.

#2. Diawal paragraf dan diakhir paragraf tulisan, namun sisipkan juga dibeberapa paragraf lainnya. Beberapa sumber yang pernah saya baca mengatakan bahwa 100 kata pada paragraf pertama sangat bagus untuk disisipkan keywords agar artikel blog menjadi lebih SEO friendly.

#3. Jangan terlalu banyak dan berulang-ulang, bisa dianggap keywords stuffing atau spam oleh search engine.

#4. Injeksilah beberapa keywords yang berhubungan dengan keywords utama dalam artikel.

#5. Bisa juga ditambahkan dengan memberi efek Bold, Italic dan Underline pada keyword yang ditembak, namun disarankan jangan terlalu banyak.

#6. Keywords yang ditembak relevan dengan artikel yang ditulis.

Ngomong-ngomong keywords, dari mana kita sebagai penulis artikel blog mendapatkan keywords? Untuk blogger pemula bisa menggunakan tool gratis dari Google, yaitu Keywords Planner.

Sebenarnya, Keywords Planner dari Google ditujukan untuk pengguna layanan Adwords.  Namun bisa juga digunakan sebagai perencana kata kunci gratis walaupun tidak lengkap seperti yang premium.

Untuk yang lebih profesional dan punya biaya lebih, bisa memakai tool premium seperti Semrush, Longtailpro, dll.

2.  Membuat artikel  unik, original, memberi solusi dan berkualitas

Artikel yang berkualitas, asli dan unik sudah pasti SEO friendly. Artikel yang unik dan original mudah dibedakan dari yang artikel yang bersifat lebih umum, apalagi jika dibandingkan dengan artikel copy paste. Mesin pencari akan mudah mengenalinya karena keunikannya.

Semua pencari informasi di internet mengetikkan sesuatu di mesin pencari karena kebutuhannya, termasuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi.

Dengan membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat serta memberi solusi,  maka ada simbiosis mutualisme disini. Blog sobat butuh pengunjung dan pembaca butuh solusi. Artikel yang memecahkan suatu persoalan banyak dicari dan dibutuhkan orang.

Artikel yang berbobot akan direkomendasikan oleh pembaca blog kepada orang lain jika memang itu memberi manfaat.

3.  Sistematika penulisan yang teratur

Susunan artikel yang baik mempunyai pembahasan yang sistematis, membahas suatu topik dari awal sampai akhir secara berurutan. Bayangkan jika sobat memburu SEO dengan memaksa untuk menyisip keywords yang terlalu banyak, yang ada malah artikel sobat menjadi tidak enak dibaca.

Disarankan untuk tidak membuat paragraf yang terlalu panjang, ini akan membosankan dan membuat lelah mata pembaca.

SEO friendly tidak hanya ramah terhadap mesin pencari, namun juga harus bersahabat terhadap pembaca. Ingat, tujuan utama membuat artikel adalah memenuhi kebutuhan  informasi pengunjung.

Jika pengunjung tidak nyaman dengan sistematika penulisan kita, maka cukup sekali mereka berkunjung ke blog kita walau blog kita ada di halaman pertama hasil pencarian.

4.  Memanfaatkan Tags sebaik mungkin

Cara membuat artikel blog yang SEO friendly selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tags. Tags memiliki fungsi sebagai berikut :

#1. Untuk mengelompokkan artikel dengan tags yang sama dan setopik.

#2. Memudahkan pengunjung blog untuk mencari artikel berdasarkan tags.

#3. Seperti halnya Label (Kategori pada WordPress), penggunaan dan penempatan tags yang tepat dapat memudahkan mesin pencari mengindeks artikel blog.

Dengan adanya tags, robot mesin pencari akan mudah untuk menemukan artikel blog sobat berdasarkan pengelompokan tags yang sobat buat.

Buatlah tags sewajarnya saja, karena jika terlalu banyak maka akan dianggap sebagai spam. Dengan membuat tags pada setiap artikel berarti sobat telah berusaha membuat artikel blog yang SEO friendly.

5.  Membuat artikel yang panjang dan berbobot

Coba sobat ketikkan suatu keyword di Google Search, hasil pencarian dihalaman pertama akan nongol artikel yang karakternya sangat banyak, bahkan bisa mencapai ribuan.

Saya pernah membaca tulisan Mas Darmawan di PanduanIM.com jika dia hanya membuat 1 buah artikel dalam satu bulan namun dengan karakter dalam artikelnya tersebut bisa mencapai 3000 kata dan banyak ilmu didalamnya. Dan terbukti, rata-rata artikel di PanduanIM.com muncul di page one di tiap keywords yang dibidiknya.

Algoritma mesin pencari Google sangat menyukai artikel  berbobot, banyak kata serta kaya akan ilmu didalamnya. Artikel seperti ini dinamakan Worthy Post.

Bisa dibayangkan jika sobat membuat artikel di blog sekian ribu kata dan isinya adalah ilmu semua atau sesuatu yang bermanfaat semua. Ini akan menjadi kekuatan yang dahsyat bagi SEO di postingan blog. Ini tidak saja disebut SEO friendly, namun juga layak disebut “Human Friendly”.

6.  Menyisipkan link artikel terkait

Cara membuat artikel blog SEO friendly lainnya adalah dengan menyisipkan link menuju ke artikel lain yang kontennya relevan dengan artikel yang dibuat. Ini sebagai rujukan pelengkap artikel blog sobat. Link tersebut bisa internal maupun eksternal. Contoh seperti dibawah ini :

Baca juga :  Beberapa cara mendapatkan uang dari internet

7.  Membuat Title dan Meta Description dalam setiap artikel

Title atau judul adalah gambaran sebuah artikel. Judul artikel harus mewakili topik konten yang akan dibahas dan mengandung keyword yang ditargetkan. Judul artikel yang baik adalah yang mampu memancing rasa penasaran dan ingin tahu pengunjung sehingga mengundang mereka untuk membacanya.

Salah satu cara mudah search engine mengenali artikel yang kita buat adalah dengan membuat Meta Description. Meta Description artikel dapat diartikan sebagai sebuah penjelasan singkat tentang isi artikel . Search engine hanya mengindeks dan menampilkan 160 karakter dalam hasil pencariannya. Dalam 160 karakter inilah keywords artikel blog disisipkan.

8.  Memanfaatkan  kata yang relevan dengan keyword yang ditarget

Langkah membuat artikel blog yang SEO friendly selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kata yang relevan atau mempunyai arti yang hampir sama dengan keyword utama.

Jika sobat mencari atau mengetikkan keyword di mesin pencari Google, setelah deretan artikel hasil pencarian, ada beberapa keyword yang memiliki kesamaan dan relevan dengan keywords yang saya cari di Google.

Contoh : Saya mengetikkan keyword “cara bisnis online” di kotak pencarian Google, setelah 11 artikel pertama yang ditemukan akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Cara membuat artikel yang SEO friendlyKeywords yang dalam kotak biru tersebut adalah sekelompok kata yang relevan dan menjadi alternatif pencarian dari keyword “cara bisnis online” yang diketik tadi. Ini dinamakan Latent Semantic Indexing (LSI) atau kelompok kata atau kalimat  yang relevan dengan keyword utama.

Nah, salah satu cara membuat artikel yang SEO friendly adalah : sebelum sobat membuat artikel, cari tentukan keywords yang dibidik dan lakukan cara seperti contoh diatas. Masukkan keyword alternatif tadi kedalam artikel blog sobat secara acak dan secara alami serta jangan berulang-ulang, ini akan dianggap spam.

9.  Mencari Backlink

Langkah membuat artikel yang SEO friendly berikutnya adalah dengan mengoptimasi backlink. Sekarang ini, Google telah memperketat pengaruh backlink untuk menentukan peringkat di hasil pencarian.

Hanya backlink yang berkualitas, alami, diberikan secara suka rela oleh blog yang berpagerank tinggi yang baik bagi peringkat SEO sebuah blog.

Backlink yang dimaksud adalah hasil tautan dari artikel suatu blog, bukan hasil dari menyisipkan link dari form komentar. Backlink hasil nyepam komentar blog tidak memberi efek sama sekali.

cara menulis artikel blog

Backlink yang berkualitas  bisa didapat sebagai berikut :

#1. Jika sobat membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan oleh pemilik suatu blog menjadi artikel sobat tersebut sebagai referensi dan memberikan link ke artikel sobat tersebut.

#2. Sobat menjadi penulis tamu disuatu blog yang menyediakan fasilitas guest blog, sobat bisa menulis artikel dan menyisipkan tautan ke blog sobat.

#3. Sobat memohon kepada pemilik blog yang berpagerank tinggi untuk memberikan backlink kepada artikel blog sobat, namun saya tidak yakin ini bisa didapat dengan gampang. Tidak mudah memberikan link keluar dari suatu blog, perlu alasan tertentu untuk hal ini. Salah satunya seperti di poin no. 1 diatas.

Algoritma mesin pencari Google semakin canggih dan pintar, hanya backlink yang berkualitas yang akan tampil diatas. Yang tidak berkualitas, nyampah dan spam akan semakin tersisih atau  malah ditendang keluar.

10. Optimasi gambar dalam postingan

Menulis artikel panjang lebar tapi tanpa gambar didalamnya akan terasa hambar. Sisipkan gambar yang relevan dengan artikel.

Gambar akan membuat suatu artikel menjadi lebih menarik dan atraktif. Kemudian gambar bisa ditambahkan keyword LSI tadi pada Alt Teks dan Description  gambar tersebut.

11. Dan lain-lain ……….

Kesimpulan postingan cara membuat artikel di blog :

#1. Penempatan keywords yang tepat menjadi salah satu faktor penentu SEO artikel blog.

#2. Artikel yang SEO friendly sama dengan artikel yang human friendly. Artikel yang berbobot, banyak kata  dan  mengandung ilmu bermanfaat adalah ramah untuk mesin pencari dan juga pembaca blog.

#3. Hanya backlink yang berkualitas yang berpengaruh untuk SEO suatu artikel.

Saya kira, cukup sekian dulu pembahasan tentang cara membuat artikel blog yang SEO friendly kali ini. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan mengerti tentang cara menulis artikel di blog yang baik. Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan salam. [ ]

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest