5 cara pemasaran produk baru sampai berhasil terjual

In Bisnis Online, Internet Marketing
cara pemasaran produk baru

Cara Pemasaran Produk Baru – Jika diibaratkan dalam tubuh manusia, maka pemasaran ibarat sebuah jantung yang akan menentukan denyut nadi keberlangsungan sebuah perusahaan. Pemasaran merupakan ujung tombak untuk menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis.

Sebuah produk, apalagi sebuah produk yang baru dirilis, tidak akan berarti apa-apa jika pembeli tidak tahu keberadaannya. Proses pemasaran tidak hanya terpaku dengan berapa jumlah produk yang bisa dipasarkan, Namun juga sebagai upaya agar produk kita dapat dikenal dan dimanfaatkan masyarakat dengan baik.

Namun, proses tersebut tentu lah tidak mudah, sebuah produk atau brand baru memerlukan kerja keras untuk dikenalkan kepada pasar. Bagi perusahaan besar, ini bukan suatu masalah. Mereka pasti ditopang dengan dana besar untuk biaya promosi. Namun, bagi kita yang merintis bisnis kecil, maka diperlukan cara yang tepat untuk pemasaran produk baru bisnis kita tersebut.

Cara Pemasaran Produk Baru

Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memasarkan produk baru, antara lain :

#Langkah pertama : Riset

Sebelum diluncurkan sebuah produk baru, Riset wajib dilakukan oleh seorang pebisnis untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan yang  harus dilakukan untuk produk tersebut. Riset yang dlakukan berupa riset pasar (market research), riset produk dan juga riset terhadap kompetitor.

Riset sangat penting untuk mengetahui prospek sebuah produk sebelum di rilis. Sobat tentu tidak ingin membuang sia-sia dalam membuat dan menjual suatu produk, tidak ada bayangan apa yang terjadi kedepannya dengan produk tersebut.

Riset pasar berguna untuk mengetahui apakah produk tersebut diminati oleh masyarakat atau tidak. Dimana produk tersebut laris, dll.

Riset produk berguna untuk mengetahui mengetahui cara membuat produk yang berkualitas baik, tingkat kesulitan produksi, dan juga berapa biaya produksi, berapa harga jual yang pantas, dll.

Riset kompetitor berguna untuk melihat tingkat persaingan poduk tersebut di pasar, apakah persaingan produk tersebut tinggi atau masih ada peluang bagi sobat untuk masuk ke pasar tersebut.

#Langkah kedua : Melihat apa kebutuhan pasar

Membuat dan menjual produk adalah sesuai yang dibutuhkan oleh pasar. Percuma membuat dan menjual produk yang bagus dan berkualitas tinggi, namun minat dari pasar tidak ada atau memang grafiknya sedang menurun. Ini akan menjadikan usaha membuat dan menjual produk baru menjadi mubazir dan sia-sia.

Melihat tren apa yang dibutuhkan di pasar harus dilakukan agar produk tersebut dapat tersebut dengan optimal. Jika tren permintaan pasar sedang mengalami kenaikan, produk baru yang kita jual besar kemungkinan akan laku dan diminati.

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh pebisnis pemula adalah langsung terjun ke market tanpa persiapan yang matang dan akhirnya kandas ditengah jalan.

#Langkah Ketiga : Jeli melihat setiap peluang

Suatu hal yang harus di punyai seorang  pebisnis adalah kejelian melihat sebuah peluang. Suatu produk bisa saja mendapat reaksi pasar yang berbeda berdasarkan tempat dan juga waktu. Oleh karena itu, seorang pebisnis harus tahu melepas suatu produk yang benar disaat dan ditempat yang tepat.

Kebutuhan pasar disuatu tempat belum tentu sama dengan ditempat lainnya. Kebutuhan terhadap suatu produk juga bisa berbeda-beda dan berubah tiap waktu.

Untuk dapat memasarkan produk baru, haruslah dapat ditentukan produk yang tepat, tempat yang tepat dan juga saat yang tepat untuk dipasarkan, sehingga kemungkinan untuk terjual sangat tinggi.

Baca Juga : Trik Promosi Yang Jitu

#Langkah keempat  : Promosi

Promosi merupakan cara memperkenalkan produk baru kepada konsumen. Promosi salah satu hal penting untuk pemasaran sebuah produk, apalagi untuk sebuah produk baru yang ditawarkan. Sebagus apapun kualitas produk yang kita buat, namun jika tidak dikenalkan kepada pasar, tentu saja ini kontra produktif dengan keinginan agar produk tersebut laris di pasaran.

cara promosi produk baruSaat ini, mempromosikan produk dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Untuk penghematan, promosi dapat dilakukan melakui internet. Cara memasarkan produk baru agar bisa masuk pasar bisa dilakukan dengan cara :

  1. Promosi dengan blog, website atau landing page.
  2. Promosi via sosial media seperti : Facebook, Twitter, Google+, dll
  3. Email marketing
  4. Promosi via ikut bergabung dengan berbagai forum-forum di internet
  5. Memasang iklan seperti di Adword dan Facebook Ads.
  6. Dll

#Langkah kelima : Berikan Layanan memuaskan

Orang bilang, pembeli adalah raja. Jadi, untuk memanjakan kostumer, berilah pelayanan terbaik.

Konsumen tidak hanya membutuhkan sebuah produk yang berkualitas tinggi, namun mereka juga ingin mendapatkan layanan terbaik, cepat dan memuaskan.

Layanan yang baik dapat berupa garansi, pengembalian dan penukaran produk yang cacat atau juga pengiriman yang cepat. Selain itu, menerima masukan dari konsumen, tanggapan yang cepat ketika ada komplain akan membuat konsumen merasa puas.

Baca Juga : Cara Bisnis Online Afiliasi

Begitulah beberapa cara mempromosikan produk yang baru untuk merebut hati pembeli dan membuat produk tersebut dapat diterima pasar.

Demikianlah pembahasan tentang cara pemasaran produk baru yang harus diterapkan oleh pebisnis untuk membuat produknya dapat diterima pasar secara maksimal.

Salam Sukses [ ]

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest

X