Penemu Blogger : Evan William

In Kisah Penemu
Penemu blogger

Penemu Blogger – Ingin tahu rasanya bagaimana rasanya jadi seseorang yang karyanya banyak digunakan oleh milyaran orang setiap hari? Jika ingin jawabannya, tanyakan saja pada Evan William, sang penemu blogger.

Dari buah pikirannya lahirlah Blogger.com (yang kemudian dijual ke Google pada tahun 2003), Twitter (platform microblog yang merubah cara orang berkomunikasi) dan kemudian Medium.com.

Medium.com digemari oleh kalangan penikmat media sosial, blogger, sekakligus ilmuwan, jurnalis dan penulis sebagai platform inovatif, unik dan memiliki daya pikat yang berbeda bila dibandingkan dengan flatform komunikasi lainnya yang kita kenal sekarang.

Baca Juga : Cara Membuat Blog

Penemu blogger tidak lulus kuliah

Layaknya technopreuneur sukses lainnya seperti Bill Gates dan Steve Jobs, Evan William juga seorang workaholic. Karena gila kerjanya sampai ia rela tidak tamat kuliah di Universitas Nebraska. Evan merasa bahwa kuliah hanya buang waktu saja dan fokus bekerja.

Evan dilahir dan dibesarkan dari keluarga petani pada tahun 1972. Ia kemudian pindah ke Florida dan bekerja sebagai copywriter. Tak lama disana, ia pindah ke Texas. Pada tahun 1994 ia kembali ke Nebraska dan merintis perusahaan dibidang internet bersama sang ayah.

Sempat Bangkrut

Walau tanpa pengetahuan tentang internet, mereka berdua mendirikan perusahaan yang memproduksi cakram optik. Evan pun menggandeng temannya untuk mengembangkan perusahaan, namun diantara mereka tidak ada satupun yang paham pemograman untuk membuat software.

Akhirnya perusahaan mereka gulung tikar karena Evan tidak fokus menuntaskan pekerjaannya, kurang teliti soal laporan keuangan dan bermasalah dengan pajak. Ecan kehilangan semuanya, termasuk modal dari sang ayah. Mereka bangkrut.

Dasar seorang petarung, Evan bukannya mundur. Ia pindah ke California dan bekerja di O’Reilly Media (penerbit buku pemograman komputer) pada tahun 1997.

Setahun kemudian, Evan cabut dari perusahaan itu karena merasa sudah memiliki pengetahuan cukup. Ia bekerja sebagai web developer lepas.

Mendirikan Blogger

Pada tahun 1999, ia dan Meg Hourihan sahabatnya mendirikan Pyra Labs. Pyra Labs berkutat dibidang pembuatan software manajemen proyek, bersamaan dengan proyek mereka lainnya, Blogger.

Dalam perjalanannya, Pyra Labs tidak berjalan semulus yang dibayangkan. Blogger tidak menghasilkan keuntungan karena digunakan secara gratis. Meminta donasi dari pengguna untuk ongkos menyewa server pun tidak berhasil. Para karyawan pun tidak bergaji selama berbulan-bulan yang berujung cabutnya mereka, termasuk Hourihan.

Baca  Juga : Biografi Penemu Listrik

Akhirnya Evan mengerjakan Blogger, flatform yang sebagian besar format aslinya ditulis oleh Paul Bausch dan Matthew Haughey, sambil berharap modal dari Dan Bricklin (pendiri Trellix, flatform milik Blogger).

Akhirnya pada tahun 2002, Blogger dijual kepada Globo.com (sebuah perusahaan dari Brazil). Kemudian pada tahun 2003, Google membeli Blogger dan Evan sempat 2 tahun bekerja di sana. Bersama Google, Blogger menjelma menjadi besar seperti sekarang.

Pada tahun 2006, Evan bersama rekannya Noah Glass juga mengembangkan layanan podcasting, Odeo. Namun hal tersebut tidak lama bertahan dan dijual ke Sonic Mountain.

Pada tahun 2003, Evan mendpat gelar sebagai satu dari seratus inovator terbaik dunia, dibawah usia 35 tahun versi MIT Technology Review TR100.

Pada tahun 2004, ia bersama Hourihan dan Paul Bausch menerima gelar sebagai Tokoh Tahun ini versi PC Magazine karena mengembangkan Blogger.

Mendirikan Twitter

Bersama Jack Dorsey dan Noah, Evan mengembangkan cikal bakal Twitter. Pada tahun 2007, Evan mendaftarkan Twitter sebagai badan hukum usaha tersendiri dan sukses sampai sekarang. Menurut Twitter, hingga bulan Juni 2016, terhitung 313 juta pengguna aktif dengan laba bersih mencapai US$521 juta pada tahun 2015.

Proyek Twitter dimulai pada 21 Maret 2006, ketika Dorsey mempublikasi pesan cuitan pertama pada pukul 9:50 PML dengan bunyi : “just setting up my twttr“.

Sebelum digunakan secara umum oleh publik, Twitter digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo. Twitter diperkenalkan ke publik pada 15 Juli 2006.

Baca Juga : Pendiri Facebook yang Jenius

Popularitas Twitter mencapai  puncaknya terjadi saat penyelenggaraan konferensi South by Southwest (SXSWi)  pada 2007. Pada acara tersebut pengguna Twitter meningkat dari 20 ribu kicauan menjadi 60 ribu kicauan per hari. Stategi cerdiknya adalah dengan menempatkan layar plasma 60 Inchi di aula konferensi, yang menampilkan pesan Twitter.

Pada tahun 2008, Evan William menjabat sebagai CEO Twitter menggantikan Jack Dorsey yang menjadi ketua dewan.

Pada tahun 2010 tepatnya pada tanggal 4 Oktober, penemu blogger ini mengundurkan diri  dari CEO dan menyerahkan jabatannya kepada Dick Costolo.

Mendirikan Medium.com

Setelah mundur dari Twitter, Evan kembali membuat flatform baru, Medium.com.

Medium.com sebenarnya adalah merupakan flatform blogging biasa seperti Blogger.com dan WordPress.com. Disana ada fitur pemeringkat artikel yang populer, lengkap dengan kategori dan tag. Namun, Evan dan kawan-kawan menempatkan medium flatform blogging yang sederhana dan udah. Cukup daftar dengan akun Twitter, Google dan Facebook, pengguna langsung bisa menulis dan mempublikasikan tulisannya.

Tampilan halaman depan pengguna akan berbeda dengan pengguna lainnya, tergantung dengan jumlah dan penggunalainnya yang di follow atau kategori artikel lain yang ingin dibaca. Makin banyak pengguna yang sobat ikuti, maka makin bervariasi pula artikel yang ditampilkan.

Evan bermimpi bahwa Medium akan menjadi platform tepat setiap orang bercerita. Bahkan ia berani mengatakan  bahwa Medium akan menggantikan media sebagai tempat mencari bacaan menarik.

Kita tunggu saja bagaimana perkembangan Medium.com, apakah bisa sukses seperti Blogger.com dan Twitter yang digunakan jutaan orang setiap harinya.

Demikian artikel tentang Evan William, sang penemu blogger, pendiri Twitter dan Medium. Semoga bermanfaat. [ ]

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest