Kisah Sukses Aburizal Bakrie – Konglomerat Pribumi dan Politikus Sukses

In Kisah Sukses
Kisah Sukses Aburizal Bakrie

Kisah Sukses Aburizal Bakrie – Salah satu tokoh yang berpengaruh di Indonesia ini juga adalah seorang pengusaha yang tergolong sukses dan disegani dalam kancah perpolitikan. Sama seperti Chairul Tanjung, Aburizal Bakrie atau Ical merupakan salah satu pengusaha pribumi yang masuk jajaran orang terkaya di Indonesia.

Lalu bagaimana perjalanan Aburizal Bakrie menuju kesuksesan seperti yang kita ketahui saat ini ? Azkanesia akan menceritakannya disini.

Kisah Sukses Aburizal Bakrie

Sama seperti orang-orang sukses lainnya, Aburizal Bakrie punya kisah tersendiri yang mengantarkannya menuju kejalan kesuksesan seperti saat ini. Tentu banyak suka dan duka yang dialaminya pada perjuangannya sebelum menggapai sukses.

Profil Aburizal Bakrie.

Dikutip dari Wikipedia, Aburizal Bakrie atau Ical dilahirkan di Jakarta pada 15 November 1946. Ayahnya bernama Achmad Bakrie yang berasal dari Lampung, sedangkan ibunya berasal dari Sumatera Utara bernama Roosniah Nasution. Usaha orang tuanya adalah berdagang kopi, karet dan lada.

Baca Juga : Kisah Sukses Sandiaga Uno

Ia menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Teknik Elektro dan berhasil tamat pada tahun 1973. Selama kuliah  di ITB, Aburizal Bakrie aktif di organisasi kemahasiswaan disana. Ia pernah menjadi anggota Dewan Mahasiswa, Ketua Senat Mahasiswa Elektro ITB dan juga Ketua Dewan Mahasiswa ITB.

Dari pernikahannya dengan Taty Murnitriati, ia mempunyai tiga orang anak, yaitu :

  • Anindya Novyan Bakrie
  • Anindhita Anestya Bakrie
  • Anindra Ardiansyah Bakrie

Karir Bisnis

Selepas kuliah, Aburizal Bakrie fokus mengembangkan bisnis kelurganya. Ia bergabung dengan PT. Bakrie & Brother (sekarang Bakrie Group) pada tahun 1972. Adapun jabatan yang pernah diembannya di perusahaan ayahnya tersebut adalah :

  • Asisten dewan direksi PT Bakrie & Brothers pada tahun 1972 sampai dengan 1974.
  • Direktur PT. Bakrie & Brothers pada tahun 1974 sampai dengan 1982.
  • Wakil direktur utama PT. Bakrie & Brothers pada tahun 1982 hingga 1988.
  • Direktur utama PT. Bakrie & Brothers pada 1988 hingga 1992.
  • Direktur utama PT. Bakrie Nusantara Corporation pada tahun 1989 hingga 1992.
  • Komisaris Utama Kelompok Usaha Bakrie dari tahun 1992 hingga 2004
Karir Organisasi dan Politik

Aburizal Bakri tidak hanya sukses di dalam membangun bisnisnya. Panggung politik juga adalah bagian dari Kisah Sukses Aburizal Bakrie. Ia banyak memegang jabatan penting, berikut beberapa di antara nya :

  • Anggota  Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Tahun 1988 – 1993  (periode I) dan 1993-1998 (periode II).
  • Presiden ASEAN Bisnis Forum (d/h Institute of South East Asian Business) tahun 1991 – 1993 (periode I) dan tahun 993 – 1995 (periode).
  • Ketua KADIN selama dua periode, tahun 1994-1999 dan tahun 1999-2004.
  • Anggota Dewan Penasehat DPP Partai GOLKAR pada tahun 2004 – 2009.
  • Ketua Umum Partai Golkar pada tahun 2009-2014

Disamping itu, ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian pada KIB 2004-2005 dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada  KIB tahun 2005-2009. Ia juga pernah memimpin partai Golkar sebagai ketua Umum.

Perjalanan Bisnis Aburizal Bakrie

Mengelola perusahaan rintisan orang tuanya membuatnya mampu terus berkembang, bisnisnya makin menggurita. Dari awalnya hanya bergerak dibidang perdagangan rempah-rempah, kelihaiannya dalam mengelola bisnis membuat bisnisnya berhasil merambah sektor lain seperti media (ANTV, TVOne), telekomunikasi (Bakrie Telecom), Perkebunan (PT Energi Mega Persada, PT Bakrie Sumatra Plantations), Property (PT Bakrieland Development) dan beberapa lainnya.

Kisah Sukses Aburizal Bakrie tidak didapatDalam mengelola bisnis, tentu banyak cobaan yang dialami oleh Abu rizal Bakrie dan perusahaannya. Pada saat krisis ekonomi melanda dunia pada tahun 1998, ia mengalami banyak kerugian dan bahkan dililit utang yang sangat besar.

Baca Juga : Kisah Sukses Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Namun, berkat perjuangan tak kenal lelah, ia dan perusahaannya perlahan-lahan bangkit dan kembali meraih profit. Salah satu anak perusahaannya (PT.Bumi Resources TBK) yang meningkat pesat harga sahamnya. Bisnisnya yang kembali cemerlang berakibat langsung dengan makin tebalnya pundi-pundi uang Aburizal Bakrie. Bahkan pada tahun 2008, menurut majalah Globe Asia, ia ditaksir mempunyai kekayaan sebesar 9,2 Milyar Dolar (84 Triliun Rupiah) dan menjadi orang terkaya di kawasan ASEAN.

Dewasa ini, bisnis Aburizal Bakrie memang banyak mengalami masalah, terutama skandal Lapindo Brantas dan juga saham PT.Bumi Resources TBK yang kembali anjlok, ditambah sektor telekomunikasi (Bakrie Telecom dengan Esia nya) yang terus merugi dan beberapa skandal lainnya. Hal ini menyebabkan ia terus menerus mengalami penyusutan kekayaan dan membuatnya terlempar dari daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Kendati demikian, Kisah Sukses Aburizal Bakri layak dijadikan pelajaran bagi calon-calon pengusaha Indonesia untuk bisa sukses. Beberapa poin yang dapat diambil sebagai inspirasi dari perjalanan seorang Aburizal Bakrie menuju kesuksesan, seperti, tidak pernah menyerah, terus belajar, terus membangun jaringan dan tentu saja bantuan Allah akan datang jika kita terus berusaha.

Demikian sedikit pembahasan kita tentang Kisah Sukses Aburizal Bakrie, semoga bermanfaat.

Salam Sukses [ ]

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest