Kisah Sukses Pemilik dan Pendiri KFC Yang Sempat di Tolak 1009 Kali

In Kisah Sukses
pemilik dan pendiri kfc

Pemilik dan Pendiri KFC – Jika ada orang yang bertanya, ayam goreng apa yang paling terkenal ? mungkin mereka akan menjawab KFC. Ya..KFC atau Kentucky Fried Chicken adalah merk ayam goreng paling terkenal didunia. Bahkan, dimata sebagian orang, ayam goreng sangat identik dengan KFC. Coba Anda lihat orang-orang yang berjualan ayam goreng dengan gerobak sorong di sudut-sudut kota, mereka ada yang mempromosikan ayam goreng dagangannya identik dengan KFC. Seperti : Ayam Goreng Kentucky, Ayam Goreng KFC, dll.

Lalu, siapa pemilik dan Pendiri KFC, Brand ayam goreng yang sangat ikonik tersebut ? Azkanesia akan membahas dan mengulas informasi tersebut untuk Anda.

Profil Pemilik dan Pendiri KFC

pendiri kfc
Kolonel Harland Sanders

Nama lengkap dari penemu ayam goreng KFC adalah Harland David Sanders atau lebih dikenal dengan nama Kolonel Sanders. Kolonel Sanders dilahirkan di Henryville, Indiana, Amerika Serikat, pada 9 September 1890. Orang tuanya bernama Wilbur David dan Maragaret Ann. Sander anak pertama dari tiga bersaudara. Ayah Sanders meninggal pada tahun 1895 saat ia berusia 6 tahun.

Tanggung jawab sebagai tulang punggung keluarga ditangan ibunya. Ibu Sanders bekerja di pabrik pengalengan tomat. Sanders memikul tanggung jawab menjaga adiknya dan ikut memasak juga. Tanggung jawabnya tersebut membuatnya telah pintar memasak pada usia 7 tahun. Sanders bekerja di ladang pada usia 10 tahun dan mendapat upah sekitar 2 Dolar per bulan. Ketika berumur 12 tahun tepatnya tahun 1902, ibunya menikah kembali dengan William Broaddus.

Sanders banyak mengalami cobaan dalam hidupnya sebelum akhirnya sukses di usia tua sebagai pendiri KFC. Ia menikah dengan Josephine pada tahun 1909.

Kolonel Harland Sanders meninggal pada tahun 1980 dan dikuburkan di Louisville.

Bekerja Serabutan

Hubungan yang buruk dengan ayah tirinya membuatnya pergi dari rumah. Sanders pun mencoba bekerja serabutan, ia pernah bekerja sebagai buruh pertanian di Greenwood, Indiana. Kemudian beberapa pekerjaan silih berganti ditekuninya, mulai dari menjadi tukang parkir hingga usianya 15 tahun di New Albany, Indiana. Sanders lalu melamar sebagai tentara pada tahun 1906, ia sempat berdinas di Kuba selama 6 bulan dan setahun setelahnya Sanders berhenti secara terhormat.

Pensiun dari tentara membuatnya harus kembali bekerja keras, karena tunjangan pensiunnya yang semakin menipis. Sanders pernah bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran, bekerja di asuransi, operator kapal feri, penjual ban hingga bekerja di bengkel.

Perjuangan Pendiri KFC

Sanders mulai berpikir untuk mengantisipasi tabungannya yang semakin menipis, ia mulai berpikir untuk mencari penghasilan yang lebih baik. Sanders mencoba peruntungan di usaha makanan. Salah satu yang memicunya untuk terjun ke dunia makanan adalah kata-kata dari pedagang asongan yang mengatakan bahwa dikota itu tidak ada restoran yang bagus yang membuat pelanggannya merasa nyaman. 

Sanders memulai rumah makannnya  untuk orang-orang yang singgah di bengkelnya di Corbin. Pada saat itu ia belum memiliki restoran, sehingga Sanders menyulap sebagian ruangan bengkel mobilnya untuk menyajikan makanan. Menu ayam goreng dan sayur segar menjadi andalan restorannya yang diberi nama Cafe Sanders tersebut.

Rumah makannya semakin lama semakin berkembang, ia pun belajar manajemen restoran dan hotel selama 8 minggu pada sebuah workshop di Cornell University pada tahun 1930.

Kecintaannya pada ayam goreng membuatnya mencoba berbagai cara dan resep untuk menciptakan ayam goreng terbaik, hingga akhirnya Sanders berhasil menemukan resep ayam goreng spesial yang terdiri dari bumbu-bumbu yang dikenal dengan ‘Sebelas bumbu rahasia KFC.’

Baca Juga : Kisah Sukses Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Sanders mendapat pangkat Kolonel atas jasa-jasanya untuk kota Kentucky pada tahun 1949. Pada tahun 1953, restorannya mendapat tawaran seratus enam puluh empat ribu dolar dari seorang pengusaha, tawaran tersebut ternyata tidak membuat Sanders tergiur untuk menjualnya.

Malang tak dapat ditolak dan untung tak dapat diraih, begitulah ungkapan yang cocok untuk Sanders ketika itu. Perubahan tata letak kota Kentucky membuat restorannya menjadi tidak srategis dan sepi pengunjung. Sanders terpaksa menjual rumah makannya tersebut dengan harga murah dan dililit hutang.

Harland Sanders Mendapat 1009 Penolakan

Harland Sanders memutuskan pensiun. Berbekal uang jaminan sosial miliknya dan istri, walau dengan perasaan sedih ia bertekad untuk memulai usaha kembali.

Sanders memulai dengan menawarkan resep ayam gorengnya ke sebuah restoran di Outta, kemudian ia bekeliling ke berbagai daerah demi mempromosikan ide ayam goreng ala KFC dengan konsep waralaba. Dengan kondisi yang sudah tua dan mengidap rematik serta harus tidur di mobil untuk menjual resep ayam gorengnya.

Dua tahun berkeliling hanya diterima baik di beberapa rumah makan saja. Selebihnya, ia mendapat ditolak dan ditertawakan. Sanders mendapat 1009 kali penolakan ketika menawarkan resep ayamnya. Tanpa pernah menyerah dan yakin akan sukses, ia terus berusaha dan akhirnya ia berhasil menjual waralabanya pada tahun 1952. Adalah Pete Harman dari South Lake Utah yang pertama membeli franchise KFC dari Sanders.

Baca Juga : Kisah Sukses Aburizal Bakrie

Setelah itu, bisnis waralaba KFC semakin maju dan berkembang. Restoran waralaba KFC telah mempunyai banyak cabang hingga ke luar negeri. Ini berhasil dicapainya ketika ia sudah berusia 75 tahun. Setelah itu, ia berhenti berkeliling karena banyak orang yang justru datang kepadanya untuk berkonsultasi.

Sukses di Usia Senja

Pada tahun 1963,  jumlah rumah makan waralaba KFC telah mencapai enam ratus buah. Ini membuat Sanders agak kerepotan mengurusnya. Akhirnya, Sanders memutuskan untuk menjual bisnis franchise KFC-nya kepada Jhon Brown Junior  dan Jack Mass. Sanders hanya mendapat gaji bulanan sebesar 40 ribu Dolar yang kemudian naik menjadi 75 ribu Dolar per bulan. Ia berperan sebagai konsultan dan direktur utama perusahaan.

Setelah Sanders meninggal, bisnis waralaba KFC di beli oleh Reynolds. Kemudian, pada tahun 1986 Pepsi Cola membeli KFC seharga 804 juta Dolar.

Demikianlah perjuangan Kolonel Harland Sanders yang banyak jatuh bangun membangun bisnis KFC nya. Semangat pantang menyerah dan kreatif akhirnya mengantarkannya pada kesuksesan.

Sekian dulu kisah sukses Pemilik dan Pendiri KFC, semoga dapat memberi inspirasi bagi pembaca sekalian.

Salam Sukses [ ]

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest

X