Penemu Drone – Pesawat Canggih Tanpa Awak

In Kisah Penemu
penemu drone

Penemu Drone – Dewasa ini, drone sudah menjadi barang yang lumrah digunakan untuk berbagai kepentingan. Drone banyak dimanfaatkan untuk militer, intelejen, pers, hobi, pembuatan film, dll.

Dikutip dari Wikipedia, Drone adalah :

“Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya”

Siapa Penemu Drone? Simak ulasan Azkanesia dibawah ini.

Penemu Drone, Pesawat Tanpa Awak dengan berbagai Fungsi

Ide tentang pesawat tanpa pilot ini sebenarnya telah berkembang sebelum terjadinya perang dunia I sejak abad ke 19. Sebuah makalah dari Centre for Telecommunications and Information Engineering (CTIE) Monash University yang menjadi rujukan Wikipedia menyebutkan bahwa gagasan dan konsep dari drone pertama kali pada 22 Agustus 1849. Austria yang pada saat itu sedang menguasai sebagian besar wilayah Italia meluncurkan sekitar 200 balon udara bermuatan bom tanpa awak ke Venesia. Ada informasi yang menyebutkan jika balon udara tersebut pasangi sekering listrik yang dapat dihdupkan dengan sinyal melalui kabel tembaga di sekitar balon.

Nicolas Tesla, seorang penemu dari Amerika keturuan Serbia mematenkan sebuah temuannya berupa remote control atau pengendali jarak jauh pada 8 November 1898. Kemudian membuat kapal dan balon yang mampu dikendalikan dengan remote control dari jarak jauh.

Baca Juga : Biografi Penemu Telegraf

Pada tahun 1916, seorang berkebangsaan Inggris bernama Archibald Low telah berhasil menerbangkan sebuah kenderaan tanpa awak dengan sebuah radio kontrol. Pesawat autopilot ini direncanakan untuk melakukan serangan balik terhadap pesawat German Zappelin dan juga melakukan serangan ke darat pada masa perang dunia ke I. Namun usaha ini gagal, karena suara mesin drone yang terbuat dari kayu dan timah tersebut menghalangi kinerja radio kontrol.

Setelah Sopwith Aircraft Company membuat drone dengann menempatkan perangkat radio di ekor mesin dengan maksud agar mesinnya tidak menganggu sinyal radio, Archibald Low kembali dengan percobaannya pada tahun 1917. Ia menerbangkan drone nya didepan para petinggi militer. Celakanya, drone tersebut hampir membunuh petinggi militer tersebut setelah sempat terbang beberapa saat dan akhirnya mengalami kegagalan mesin.

Manfaat Drone

Dewasa ini, penggunaan drone sudah meluas hingga keperluan pribadi. Dari awalnya untuk kepentingan militer dan mata – mata. Berikut beberapa manfaat drone :

  • Keperluan militer
  • Untuk Jurnalisme
  • Untuk penanggulangan bencana (SAR)
  • Pemetaan
  • Penelitian
  • Perfilman
  • Hobi
  • Dll

Demikian artikel singkat tentang Penemu Drone, pesawat tanpa awak yang menfaatnya multi fungsi. Semoga dapat memebri inspirasi.

Salam Sukses [ ].

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest

X