Penemu Keyboard Pertama Kali – Christopher Latham Sholes

In Kisah Penemu
Penemu Keyboard

Penemu Keyboard – Coba anda bayangkan apa jadinya sebuah PC tanpa keyboard atau papan ketik? Pasti PC tersebut menjadi tidak berfungsi dengan sempurna.

Keyboard adalah sebuah hardware atau perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai alat input yang memberikan perintah agar dapat dijalankan dengan baik oleh sistem komputer.

Sejarah Penemuan Keyboard

Penemu Keyboard yang pertama adalah  Christopher Latham Sholes yang juga adalah penemu mesin ketik modern pertama di dunia. Sholes adalah seorang insinyur asal Amerika Serikat yang mendaftarkan paten temuannya itu pada tahun 1868.

Baca juga : Biografi Penemu Komputer

Sholes menciptakan mesin ketik bersama dengan temannya, Samuel W. Soules dan Carlos Glidden. Pada tahun 1873, sebuah perusahaan bernama Remington memproduksi mesin ketik secara massal. Susunan huruf pada mesin ketik hasil temuan Sholes yang di sebut dengan QWERTY juga di terapkan pada keyboard komputer hingga sekarang ini.

Biografi Penemu Keyboard

penemu mesin ketik
Christopher Latham Sholes

Christopher Latham Sholes yang dilahirkan di Mooresburg, Pensylvania, Amerika Serikat pada tanggal 14 Februari 1819. Ia pindah ke Danville pada saat remaja. Disini ia belajar dan bekerja menjual alat percetakan.

Kemudian ia pindah ke Green Bay, Wisconsin dan sempat bekerja di Enquirer Wisconsin sebagai editor. Karirnya sebagai editor berlanjut ketika ia memutudkan pindah ke Kenosha, Wisconsin pada tahun 1845. Sholes bekerja selama 17 tahun di Telegraph Southport.

Baca Juga : Penemu Mikroskop

Selain itu, Sholes juga berkiprah di kancah politik. Ia pernah menjadi anggota Senat di Wisconsin antara tahun 1848-1849 dan 1856-1857. Kemudian sebagai Majelis Negara Wisconsin pada tahun 1852-1853. Selama perang sipil di Amerika, Sholes menjabat postmaster di Milwaukee dan juga sebagai komisaris kolektor pelabuhan.

Asal Usul Keyboard Qwerty

penemu keyboard qwerty
Gambar dari Pixabay

Anda mungkin pernah berpikir atau bertanya dalam hati, kenapa susunan huruf pada keyboard mesin ketik atau juga pada komputer tidak disusun berdasarkan urutan abjad? Kenapa terkesan acak dan tidak beraturan?.

Berikut sedikit penjelasan mengenai hal tersebut.

Penamaan keyboard hasil temuan Christopher Latham Sholes dengan keyboard QWERTY merujuk pada deretan huruf pada sudut kiri atas keyboard, baik pada mesin ketik dan juga keyboard komputer.

Sebenarnya, penemu mesin ketik ini menyusun huruf-huruf pada tuts atau tombol mesin ketik buatannya sesuai urutan abjad Latin. Dengan begini, akan mempercepat pekerjaan mengetik, karena telah hafal urutan huruf.

Namun, susunan model begini memicu terjadinya saling kait atau tersangkut antara slug (batang-batang huruf) yang satu dengan yang lainnya sehingga terjadinya kesalahan mekanik pada mesin ketik tersebut.

James Drensmore, seorang rekannya menyarankan Sholes untuk mencari alternatif baru susunan tombol mesin ketik tersebut agar mudah digunakan.

Karena bingung mencari solusi masalah tersebut, Sholes malah mengacak urutan abjad pada papan ketik dan terciptalah kombinasi yang tidak beraturan namun dapat mengatasi masalah mekanik pada batang batang huruf yang saling berkaitan.

Baca Juga : Si Jenius Penemu Email

Akhirnya, kombinasi huruf pada keyboard mesin ketik ciptaannya yang sekarang di kenal dengan keyboard QWERTY menjadi standard, baik pada mesin ketik, komputer, tablet dan juga smartphone sekarang ini. Pada tahun 1973, standard keyboard QWERTY diresmikan sebagai standard keyboard ISO (International Standard Organization).

Demikian artikel tentang Penemu Keyboard dan juga mesin ketik, mudah – mudahan pembaca mendapat inspirasi dari artikel ini.

Salam Sukses. []

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest