Penemu Telegraf – Mesin Pengirim Dokumen

In Kisah Penemu
penemu telegraf

Penemu Telegraf – Telegraf adalah alat komunikasi sebelum ditemukannya telepon dan internet. Walaupun sekarang sudah tidak terlalu populer lagi karena adanya telepon dan internet, telegraf banyak digunakan dan menjadi alat komunikasi penting terutama pada kurun waktu 1800-an hingga 1900-an.

Siapa Penemu Telegraf ? Azkanesia akan membahasnya untuk pembaca sekalian.

Profil Penemu Telegraf – Samuel F.B Morse

pencipta telegraf
Samuel Morse-Penemu Telegraf [Foto dari Wikipedia]

Nama lengkapnya Samuel Finley Breese Morse, ia adalah penemu telegraf berkebangsaan Amerika yang lahir di Charlestown, Massachusetts, pada 27 April 1791. Sejak kecil, Morse punya hobi melukis. Ia mencoba melukis wajah gurunya ketika berusia empat tahun. Kemudian, ia berusaha mencari uang saku dengan menjual lukisan teman-temannya. Ia juga pernah mengungkapkan ingin menjadi pelukis pada orang tuanya.

Ketertarikan Morse dengan dunia melukis sempat membuat orang tuanya khawatir tentang masa depan anaknya tersebut. Namun, Morse mulai beralih dan tertarik dengan dunia kelistrikan ketika ia mengenyam pendidikan diperguruan tinggi.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Penemu Televisi

Morse menikah pada tahun 1818 dan mendapat sepasang anak putera dan putri. Kehidupannya sebagai seorang pelukis memang membuatnya serba kekurangan. Istrinya meninggal akibat serangan jantung pada tahun 1825.

Bersama temannya sesama pelukis, mereka mendirikan National Academy dan ia terpilih sebagai presiden pertamanya. Kemudian, Morse sempat pindah ke Eropa bersama beberapa anggota keluarganya untuk melanjutkan karirnya sebagai pelukis di sana.

Pada tahun 1837, ketertarikannya terhadap dunia kelistrikan berhasil mengantarkannya sebagai penemu telegraf. Morse meninggal pada 2 April 1872 di New York, akibat mengidap penyakit pneumonia. Ia dikuburkan di pemakaman Greenwood, Brooklyn, New York.

Menemukan Telegraf

penemu telegraf
Telegraf – Foto dari Wikipedia

Penemuan telegraf oleh Morse terinpirasi ketika secara tak sengaja ia mendengar percakapan di kapal tentang penemuan penelitian elektromagnet yang baru ditemukan. Ketika itu tahun 1932, Morse dan keluarganya baru kembali dari  Eropa untuk menekuni karir melukisnya disana.

Akhirnya, Morse berhasil menciptakan telegraf pertama pada tahun 1835 dan demontrasikan di gedung Universitas New York, Morse memang mengajar seni di sana. Pada waktu itu, ia membuat telegraf dari beberapa barang bekas dengan baterai buatan sendiri.

Morse dibantu oleh rekannya, Alexander Bain yang menciptakan kode khusus yang digunakan untuk telegraf. Kode tersebut dikenal dengan kode Morse. Menurut Wikipedia, Kode Morse adalah :

“Metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan kalimat, kata,huruf, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan melalui peluit,bendera, cahaya, dan ketukan morse”.

Morse mendaftarkan hak paten atas penemuan mesin telegrafnya pada tahun 1837. Pada tahun 1843, Morse kemudian mendapat dana sebesar 30 ribu Dolar dari Kongress untuk melakukan eksprimen dari Washington ke Baltimore. Uji coba tersebut berhasil mengirim sebuah pesan dari Washington ke Baltimore dengan sebuah pesan menggunakan kode Morse : “What hath God wrought”.

Demikian cerita singkat tentang Samuel Morse sang Penemu Telegraf. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Salam Sukses [ ].

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest