WordPress VS Blogspot, Mana yang Lebih Baik?

In Blogging
wordpress vs blogspot

WordPress vs Blogspot – Apakah Anda senang menulis? Menulis adalah salah satu cara untuk menunjukkan eksistensi diri sendiri kepada dunia. Dengan menulis, ide-ide bisa disimpan dan dibaca oleh banyak orang. Apalagi jika Anda menulis di blog, bisa dipastikan seluruh dunia akan membaca tulisan Anda.

Tentu sebuah hal yang luar biasa ketika suara Anda  dalam tulisan mencapai belahan dunia yang berbeda dan menciptakan perubahan yang berarti. Semua hal itu berawal dari sebuah platform bernama blog.

Di dunia penulis blog atau blogger, ada dua platform blog yang sangat populer, yaitu WordPress dan Blogspot (Blogger). Sekilas, keduanya menawarkan hal yang sama, yaitu ruang untuk menulis. Namun, jika diamati lebih dalam, ada beberapa perbedaan antara platform blog WordPress vs Blogspot.

Perbandingan WordPress vs Blogspot

Berikut perbandingan WordPress dengan Blogspot :

1. Mana yang lebih populer?

Berdasarkan tingkat kepopulerannya, WordPress dinilai lebih unggul dari pada Blogspot. WordPress, platform blogging yang diciptakan oleh Matt Mullenweg ini menempati posisi teratas, sedangkan Blogspot berada beberapa posisi di bawahnya.

2. Mana yang lebih mudah dibuat?

Secara sederhana, kedua platform ini tidak jauh berbeda. WordPress dan Blogspot memang telah dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dibuat oleh orang awam sekalipun. Anda hanya perlu memasukkan email untuk mendaftarkan diri. Selanjutnya, theme dalam blog bisa Anda pilih sesuai keinginan. Berbagai fitur pun telah tersedia dan bisa langsung Anda gunakan sesaat setelah mendaftar.

3. Berapa biaya yang dibutuhkan?

Untuk membuat WordPress atau Blogger, Anda tidak perlu mengeluarkan  uang sepeser pun. Kedua platform ini gratis digunakan oleh siapa saja. Namun, jika  Anda menginginkan storage yang lebih besar daripada yang telah disediakan, Anda harus membayar sejumlah biaya tertentu.

Dalam hal ini, storage otomatis yang tersedia untuk WordPress adalah 3 GB. Sementara itu, Blogspot menyediakan storage yang lebih besar, yaitu 15 GB. Dalam hal ini, Blogspot bisa dikatakan jauh lebih unggul. Bahkan, jika ingin menambah kapasitas storage, Anda harus membayar lebih besar di Wordpess ketimbang Blogspot.

4. Bagaimana tampilannya?

Pada dasarnya, kedua tampilan WordPress dan Blogspot tidak jauh berbeda. Namun, secara fleksibilitas, ada hal yang harus dipertimbangkan saat akan menggunakan WordPress. Pada platform blog yang satu ini, Anda tidak bisa mengubah tampilannya dan pilihan template yang tersedia pun tidak begitu banyak.

Berbeda dengan Blogspot yang masih memberikan peluang bagi penggunanya untuk melakukan perubahan tampilan menggunakan HTML dan CSS.

5. Bagaimana fiturnya?

Jika Anda sudah pernah mencoba kedua platform blog ini, Anda pasti akan mengerti fitur-fitur mana saja yang ada dan tidak ada di antara keduanya. Pada dasarnya, tidak ada yang terlalu berbeda antara WordPress dan Blogspot dalam hal fitur. Hanya saja, sekadar catatan bagi calon pengguna, Anda tidak bisa memasukkan banyak gambar dalam satu halaman di platform Blogspot. Hal ini disebabkan karena aturan maksimum ukuran posting di Blogspot adalah 1 MB.

6. Bisa untuk memasang iklan atau tidak?

Perbandingan antara WordPress vs Blogspot semakin seru jika dihubungkan dengan pemasangan iklan. Saat ini, blog menjadi salah satu wadah untuk memasang iklan seperti Google Adsense. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan WordPress, bersiaplah untuk menerima kenyataan jika blog Anda tidak bisa dipasangi iklan yang berasal dari advertising network.

Berbeda hal dengan Blogspot yang merupakan milik Google sendiri. Blogspot, platform blogging yang diciptakan oleh Evan Williams ini tentu saja memperbolehkan penggunanya untuk memasang Google Adsense. Namun, jika Anda tetap ingin memasang iklan di WordPress, bentuknya bisa dalam sponsored post atau iklan secara manual dalam postingan.

7. Bagaimana status kepemilikan?

WordPress maupun Blogspot bisa sewaktu-waktu menghapus akun Anda karena berbagai sebab. Artinya, Anda tidak memiliki status kepemilikan terhadap akun Anda yang berada di WordPress atau Blogspot. Bahkan, Anda juga tidak bisa mengontrol atau komplain seandainya akun blog Anda dihapus secara sepihak atau tanpa pemberitahuan.

8. Mana yang lebih aman?

Salah satu masalah yang sering terjadi di dunia maya adalah terjadinya pembobolan keamanan. Blog juga memiliki kemungkinan terjangkit virus sehingga bisa merusak seluruh tampilannya. Namun, kedua platform ini ternyata memiliki kualitas keamanan yang hampir sama.

Berdasarkan beberapa hal tersebut, Anda bisa melihat bahwa Wordpres maupun Blogspot hanya memiliki satu dua perbedaan yang signifikan. Dengan kata lain, memilih WordPress atau Blogspot sebenarnya sama saja. Bahkan, Anda juga boleh menggunakan keduanya untuk tujuan yang berbeda.

Hanya saja, Anda perlu mengingat jika berencana memasang Google Adsense di blog Anda, Blogspot adalah pilihan terbaik. Sebaliknya, untuk tampilan yang lebih sederhana dan mudah dipahami, WordPress menjadi yang pertama.

Bila ingin lebih maksimal lagi, sebaiknya Anda membeli hosting dan domain sendiri. Dengan demikian, Anda bebas menentukan tampilan blog, mendapat kepemilikan penuh atas akun Anda, dan bebas memasang iklan kapan pun.

Nah, kalau menurut Anda, mana yang lebih baik antara WordPress vs Blogspot?

Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar.

Salam Sukses. [ ]

You may also read!

aplikasi wallpaper terbaik di android

Ini dia Aplikasi Wallpaper terbaik di Android Mu

Aplikasi Wallpaper terbaik di Android – Wallpaper bisa digunakan untuk mempercantik tampilan gadget kita. Dengan aplikasi ini kita tidak

Read More...
manfaat buah naga

Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah naga terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan kulit yang membentuk duri – duri. Selain

Read More...
Penemu Benua Amerika

Terungkap Ini Dia Sosok Penemu Benua Amerika Yang Sebenarnya

Ketika satu pertanyaan “ Siapakah penemu benua Amerika?” banyak diantara kalian yang menjawab Christoper Colombus. Tak sedikit masyarakat yang

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Pin It on Pinterest